Korean Cuisine

Ayo kita kenali makanan-makanan korea (ini Korean Court Cuisine)

 

 

Sundubu jjigae (순두부찌개): rebusan pedas dibuat dengan tahu lembut dan kerang. Secara tradisional, diatasnya diberi telur mentah ketika masih mendidih.

 

Kimchi (김치): sayuran (kubis, lobak putih, atau mentimun) biasanya di fermentasi dalam air garam jahe, bawang merah bawang putih, hijau dan cabai. Ada bermacam-macam jenisnya, disajikan sebagai lauk atau dimasak menjadi sup dan nasi. Orang Korea secara tradisional membuat kimchi cukup untuk persediaan selama musim dingin, meskipun cara menyimpan didalam lemari es dan dalam botol sudah tidak umum dilakukan. Kimchi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan telah terdaftar dalam majalah kesehatan “Makanan Tersehat Di Dunia”. Meskipun demikian, beberapa penelitian menemukan nitrat dan garam yang tinggi dalam  Kimchi dapat menjadi faktor penyebab kanker lambung meskipun kerang dan buah konsumsi yang ditemukan menjadi faktor protektif terhadap kanker lambung. Menariknya penelitian juga menemukan kimchi dapat juga menjadi faktor pencegahan untuk kanker perut.

 

Jokbal (족발): kaki babi yang disajikan dengan saus udang merah asin yang diberi nama saeujeot.

 

Bulgogi (불고기): irisan daging sapi tipis yang direndam dalam kecap, minyak wijen, bawang putih, gula, daun bawang, dan merica hitam, serta dimasak di atas panggangan. Bulgogi berarti “daging api.” Ada yang memakai daging babi (dwaeji bulgogi, 돼지 불고기), ayam (dak bulgogi 닭불고기), atau cumi-cumi (ojingeo bulgogi, 오징어 불고기).

 

 Bindaetteok (빈대떡): Pancake yang terbuat dari kacang hijau, daun bawang, dan kimchi atau paprika.

 

Galbi (갈비): daging babi atau rusuk sapi yang dimasak di atas panggangan arang. Daging diiris tebal dari bulgogi. Sering disebut dengan “barbecue Korea” bersama dengan bulgogi.

 

Tteok ():  terbuat dari beras yang ditumbuk (메떡, metteok), beras ketan ditumbuk (찰떡, chaltteok), atau beras ketan yang dibiarkan utuh (약식, yaksik). Disajikan baik dingin (diisi atau ditutupi dengan pasta kacang, pasta kacang merah, kismis, biji wijen, kacang merah tumbuk, labu manis, kacang, kurma, kacang pinus, atau madu), biasanya disajikan sebagai makanan penutup atau makanan ringan. Kadang-kadang dimasak dengan daging sapi yang di iris tipis, bawang, jamur tiram, dll untuk disajikan sebagai makanan ringan.

 

Bibimbap (비빔밥, “nasi campur”): nasi yang diatasnya diberi topping sayuran seperti bayam, jamur, wortel, tauge, dan disajikan dengan sesendok gochujang (pasta cabai merah), dan sering ditambah dengan daging sapi atau telur. Semuanya (bumbu, nasi dan sayuran) diaduk bersama dalam satu mangkuk besar dan dimakan dengan sendok. Salah yang paling populer dari hidangan ini adalah dolsot bibimbap (돌솥 비빔밥) yang disajikan dalam mangkuk batu panas di mana telur mentah dimasak di sisi mangkuk yang lain. Yukhoe bibimbap (육회 비빔밥) adalah bibimbap yang terdiri dari daging sapi mentah dengan telur mentah dan campuran kecap, pir Asia dan gochujang. Hoedeopbap (회덮밥) adalah bibimbap menggunakan berbagai ikan mentah yang potong dadu.

 

Bossam: jenis Ssam di mana terdiri dari daging babi yang dikukus dan dibungkus dengan daun sayur dan diberi Ssamjang.

 

 Samgyetang (삼계탕): sup yang terbuat dari ayam yang diisi dengan ginseng, hwanggi (황기, Astragalus propinquus), beras ketan, jujubes, bawang putih, dan kacang. Sup tradisional ini biasa dimakan di musim panas.

 

Gimbap (rumput laut-beras, 김밥): makanan ringan yang sangat populer di Korea. Terdiri dari nasi, minyak wijen, garam, dan biji wijen, sedikit cuka dan gula sering ditambahkan sebagai bumbu. Ditaruh pada selembar Gim (semacam nori). Diberi telur goreng, wortel, ham, daging sapi, acar lobak, bayam, dan mentimun,dll ditaruh diatas nasi dan digulung dengan cara yang mirip sushi Jepang. Saat ini, ada banyak jenis gimbap: tuna, keju, bulgogi, sayuran, dan banyak lagi.

 

Bindaetteok (빈대떡): Pancake yang terbuat dari kacang hijau, daun bawang, dan kimchi atau paprika yang dimasak dalam wajan .

 

Bibim guksu (비빔 국수): mie yang dicampur kedalam saus panas dan pedas .

 

Naengmyeon (냉면, (Korea Utara: 랭면, Raengmyŏn), “mie dingin”): hidangan ini (awalnya hidangan musim dingin) terdiri dari beberapa macam mie soba, dan disajikan dalam mangkuk besar dengan kaldu dingin, sayuran mentah dan buah, sering ditambah dengan telur rebus dan daging sapi dimasak dingin. Disebut juga Mul (“air”) Naengmyeon, untuk membedakan Bibim Naengmyeon, yang memiliki kaldu dan tidak dicampur dengan gochujang.

 

by Cindy Claudia

cr images and source: wikipedia.com 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s