recap / sinopsis

[Recap] Sinopsis I Hear Your Voice Episode 3

Episode ini dapet banget deh feel-nya ada komedi, persahabatan, dan juga cinta…
liat senyumnya diepisode 2 itu.. omoooo..

voice02-00780

Langsung aja dehh..

Cr images: Dramabeans

voice03-00020

Episode yang dibuka dengan adegan dimana Kwan Woo mengingat kata-kata yang diucapkan oleh Hye Sung, ia belajar bagaimana tidak mempercayai terdakwa sepenuhnya. Setelah berdebat dengan dirinya sendiri yang jengkel akan kata-kata yang diucapkan oleh Hye Sung kepadanya, Kwan Woo masuk ke ruang sidang.

voice03-00050

Hakim menegur Hye Sung untuk segera membacakan pembelaannya sebagai pengacara yang membela terdakwa. Hye Sung terdiam sejenak, lalu ia menatap Soo Ha. Kwan Woo yang sudah masuk ruang sidang memperhatikan Hye Sung, lalu menirukan gaya Hye Sung.

Kemudian Hye Sung mulai membacakan pembelaannya yang menolak tuntutan dan mengatakan kalau Sung Bin ia nyatakan tidak bersalah.  Hye Sung menatap Soo Ha lagi, Kwan Wo sepertinya terkejut akan keputusan yang diambil oleh Hye Sung.

Episode 3: Aku Akan Berada Disini

Do Yun berkata, “Terdakwa mengatakan jika dia tidak bermaksud untuk menindas korban, tapi dia mengatakan itu hanya sebagai gurauan. Apakah itu merupakan gurauan?.”

Kemudian, Do Yun meminta semua orang diruangan sidang itu untuk membaca sms yang dikirimkan dari Sung Bin untuk Dong Hee yang isinya mengejek Dong Hee tentang operasi plastik yang dilakukan Dong Hee, semua orang menjadi terkejut karenanya. Sung Bin hanya bisa menundukkan kepalanya.

voice03-00060

Giliran Hye Sung yang akan membacakan pembelaannya. Hye Sung berkata jika hanya dengan sms seperti itu, bukan berarti dapat menyatakan kalau Sung Bin bersalah, mereka hanyalah anak-anak remaja yang biasanya salaing meledek satu sama lain. Hakim, melihat Hye Sung dan berkata dalam hatinya ia mengejek Hye Sung, ia berkata kalau hal seperti itu bukanlah sebuah pembelaan, Soo Ha mendengar hal itu. Hye Sung mentap Soo Ha, Soo Ha menyilangkan tangannya dan menggelengkan kepala, hye Sung dibuat bingung karenanya.

Do Yun juga memanggil saksi yang msemakin menguatkan pernyataannya. Hye Sung masih berusaha membela Sung Bin.

Hye Sung kemudian berkata lagi, “Jika pernyataan bahwa Go Sung Bin ingin membunuh Moon Dong Hee bisa dianggap sebagai bukti, maka itu artinya semua siswa di sekolah tersebut bertanggung jawab atas pembunuhan ini. Guru berkata ‘aku akan membunuhmu jika peringkatmu turun” itu juga dianggap sebagai ancaman pembunuhan, berdasarkan logika Anda.”

Mereka masih terus berdebat dipersidangan dengan argumen-argumennya masing-masing. Saatnya Dong Hee masuk kedalam ruangan sidang dan dipanggil sebagai saksi. Hye Sung keluar dari ruangan sidang dengan gembira, ia berpikir bahwa kali ini ia akan memenangkan kasusnya. Ada sms masuk, dari nomor tidak dikenal, bunyinya “I’ll be there”. Hye Sung mengira itu spam. Ternyata sms itu dari Soo Ha. Soo Ha menyuruh Hye Sung untuk mengatakan terimakasih atas bantuan yang ia berika, tapi Hye Sung malah menyuruh Soo Ha untuk membantunya lagi dengan isyarat-isyarat yang Soo Ha berikan tadi dipersidangan.

voice03-00082

voice03-00089

voice03-00090

Soo Ha kemudian berkata, “Gratis? Disini.” Ia menunjuk pipinya, ada tanda bekas coretan spidol. Hye Sung  mencium tangannya sendiri dan menempelkannya ke pipi Soo Ha, Hye Sung bergumam “Terima kasih. Oke.” Hye Sung berpikir Soo Ha meminta ciuman darinya, padahal maksud Soo Ha adalah untuk menghapuskan noda spidol dipipinya, tapi berkat hal itu Soo Ha terlihat sangat bergembira.

voice03-00132

Senyumnya kemudian menghilang, dia mendengar suara yang sangat dikenalnya diantara suara-suara lainnya, suara si pembunuh, Min Joon Guk, “Jang Hye Sung. Anak itu menjadi Pembela Umum di tempat ini.” Soo Ha mencari sumber suara itu, ia mengejar seseorang tapi ternyata bukan dia orangnya. Joon Guk memang ada disana. Soo Ha, “Tidak mungkin”

Kwan Woo menceritakan betapa hebatnya Hye Sung pada Pengacara Shin dan Yoo Chang dan ia memuji-muji Hye Sung,  ia bahkan menyebut Hye Sung sebagai prajurit wanita, Jeanne d’Arc. Ibu Hye Sung juga datang kepersidangan.

Persidangan dilanjutkan..

voice03-00156

voice03-00161

Dong Hee membacakan sumpah, Sung Bin menyapa Dong Hee namun Dong Hee malah memalingkan wajahnya. Dong Hee berkata bahwa memang benar ada yang mendorongnya dan lebih mengejutkan lagi, ia berkata kalau yang mendorongnya itu adalah Sung Bin, semua orang terkejut demikian pula Sung Bin ia langsung berdiri dan berteriak marah atas fitnah yang dituduhkan kepadanya. Hye Sung berusaha menenangkan Sung Bin, Soo Ha terlihat bingung. Dong Hee akan dibawa pergi oleh suster, ditahan oleh Soo Ha. Soo Ha menatap mata Dong-hee, ”Aku tidak akan pernah mengatakannya. Jika aku mengatakan yang sebenarnya mengapa aku jatuh, semuanya akan berakhir untukku.”

voice03-00175

Sidang telah usai, ruangan sudah terlihat sepi. Do Yun menghampiri Hye Sung, ia memuji Hye Sung yang telah melakukan pembelaan dengan baik. Soo Ha menunggu Hye Sung diluar, Hye-sung berkata, “Kalah,  jadi jangan muncul dihadapanku lagi.” Hye Sung pun meninggakan Soo Ha, tapi Soo Ha mengejarnya.

voice03-00184

Di kantor, Pengacara Shin, Kwan Woo dan Yoo Chang memakan ayam goreng yang dibawakan oleh ibu Hye Sung. Ibu juga menanyakan meminta maaf jika Hye Sung berbuat kesalahan. Ibu memegang tangan Kwan Woo, ia berkata kepadanya, “Putriku melompati masa SMA nya, jadi ia kurang kemampuan sosialnya. Dari luar mungkin dia terlihat galak, tapi sebenarnya dia sangat baik.”

Terdengar teriakan Hye Sung dari luar, ia menyuruh Soo Ha pergi. Mereka masih berdebat masalah ketidakadilan yang ditanggung oleh Sung Bin. Soo Ha mengatakan kalau Dong Hee saat ini sedang berbohong. Hye Sung mengatakan bahwa semuanya telah berakhir, the game is over. (noona, actully, you make it overrrr.. *criesss)

voice03-00239

Ibu Hye Sung yang daritadi melihat mereka bersama ketiga orang itu berteriak pada Hye Sung, “Apakah kamu ingin digigit sampai mati?.” Hye Sung menoleh kaget dan bertanya kenapa ibunya ada disana. Hye Sung berkata pada ibunya kalau orang yang ia lawan adalah Do Yun.

Hye Sung berteriak pada ibunya, “Aku dihina di depan gadis yang baru aku temui lagi setelah 10 tahun. Putrimu, Hye Sung.”

Ibu menjawab “Kamu sekarang yang menghinaku. Aku mengatakan pada semua tetanggaku bahwa putriku sekarang telah menjadi orang hebat, tapi aku merasa itu salah. Putriku hanya menjadi seekor cacing, benar kan?.” Hye Sung berusaha menahan tangisnya. Ibu berkata kalau seharusnya ia mencopot brosur-brosur yang telah ia tempel, ia berkata kalau ia merasa malu dan kecewa pada Hye Sung.

voice03-00261

Di ruang jenguk penjara. Pengacara Shin menjenguk seseorang, sepertinya napi yang satu sel dengan Joo Guk. Pengacara Shin bercerita tentang Hye Sung yang sifatnya persis dengan ibunya. Orang itu bertanya pada pengacara Shin berapa usaia Hye Sung saat ini, ia menjawab “Mungkin sekitar 27 atau 28 tahun.”

Napi itu berkata, “Seseorang yang baru saja keluar dari penjara ini, dia sepertinya mengenal pengacara baru di kantormu. Dia bilang dia harus membayar pinjaman.”

voice03-00278

Hye Sung berjalan sambil memikirkan kata-kata Sung Bin di persidangan, kata-kata ibunya, dan kata-kata Do Yun padanya setelah persidangan. Saat Hye Sung diikuti oleh anak-anak SMA yang pernah dirusakkan bolanya oleh Hye Sung, Soo Ha datang menyelamatkannya. Hye Sung minta lapor polisi atau bawa seorang teman kesana.

voice03-00306

voice03-00330

Soo Ha berkata, “Berjanjilah padaku, maka aku akan membereskan mereka untukmu.” Soo Ha berkata kalau Hye Sung harus berjanji bersikap adil pada Sung Bin. Hye Sung marah, mengapa Soo Ha membawa-bawa masalah itu disini. Akhirnya Soo Ha menolong Hye Sung yang dikeroyok oleh anak-anak SMA tadi. Mereka malah berhenti berkelahi dan sibuk mengatakan untuk pergi ke tempat les, belajar persiapan ujian. Hye Sung yang daritadi mendengarkan mereka hanya bisa melongo.

voice03-00373

Soo Ha lalu berkata pada Hye Sung, “Karena aku sudah menyelesaikan masalah tadi, jangan melupakan janjimu. Kamu harus bertanggung jawab untuk Sung Bin sampai akhir.” Ia mengantarkan Hye Sung pulang. Mereka membicarakan Dong Hee yang bergelantungan dijendela sebelum terjatuh.

voice03-00376

Mereka telah sampai di rumah Hye Sung.

“Masuklah” kata Soo Ha. Mereka berbalik ke arah masing-masing, lalu Hye Sung berbalik memanggil Soo Ha, ia mengucapkan terimakasih kepadanya, lalu masuk kedalam rumah. Saat didalam rumah, ia bertanya pada dirinya sendiri bagaimana Soo Ha bosa mengetahui alamat rumahnya.

Keesokan harinya dikantor..

voice03-00407

Hye Sung menatap pengacara Shin yang sedang memberikan penjelasan pada Kwan-woo tentang apa saja yang akan keluar di persidangan, ia kemudian menghampiri mereka dan menyodorkan berkas kasusnya dimeja, sambil berkata “Aku harus mendapatkan keputusan tidak bersalah dari hakim, apapun yang terjadi. Tolong bantu aku.” Kata Hye Sung pada Pengacara Shin. Tapi pengacara Shin tidak mau membantunya, lalu Kwan Woo menawarkan bantuannya, Hye Sung sempat menolak namun akhirnya menerimanya.

Ternyata…  Hye Sung dan Kwan  Woo menyamar menjadi anak sekolahan, lengkap dengan seragamnya. Ini merupakan sebuah penyelidikan yang dipikirkan oleh Kwan Woo (ada-ada ajah)

Hye Sung langsung masuk ke kelas Sung Bin, ada dua siswi yang membicarakan tentang Sung Bin dan dirinya. Hye Sung mengampirinya dan memperkenalkan diri sebagai murid pindahan bernama Jang Ye Ri. Mereka mengobrol di kantin sekolah, Hye Sung menanyakan pada mereka apakah benar Sung Bin yang memimpin mereka untuk menyisihkan Dong Hee. Ternyata alasannya karena kecantikan Dong Hee, selain itu juga karena kepintarannya disekolah.

Sedangkan Kwan Woo, ia memasuki kelas musik. Kemudian menghampiri jendela tempat Dong-hee terjatuh dan melongok kebawah, ia tampak berpikir panjang.

Hye Sung masih terus bertanya tentang Dong Hee pada 2 siswi tadi. Tepat saat mereka sedang berbicara, muncul Soo Ha di belakang mereka, Soo Ha mengenali Hye Sung. Kwan Woo masih berada do tempat kejadian, dia sekarang di bawah. Dari bawah dia melihat kearah jendela di atas. Kemudian dia berpikir dan mencari-cari sesuatu disekitar sana. Dan menemukan sesuatu, korek dan sepuntung rokok.

voice03-00473

Hye Sung masuk ke ruang komputer.  Soo Ha menunjuk komputer yang biasa dipakai oleh Dong Hee.  Hye Sung kaget ada Soo Ha dibelakangnya. Ia berusaha mengusir Soo Ha. Hye Sung duduk di depan Komputer, Soo Ha membantunya karena ia tahu Hye Sung tidak mengerti. Soo Ha menyuruh Hye Sung membuka history tanggal 24 Mei antara jam 2 sampai jam 3 sore. Lalu mereka terkejut, melihat history nya dipenuhi tentang rokok.  Tiba-tiba Kwan Woo datang, dia mengatakan menemukan alasan mengapa Dong He terjatuh.

Hye Sung menemui Dong Hee di rumah sakit. Hye Sung berkata kalau Dong Hee telah berbohong, makanya ia menyuruhnya untuk bersaksi lagi, Dong Hee masih menyangkalnya. Hye Sung bilang kalau Dong Hee sebenarnya merokok, Dong Hee dengan nada sedikit ketakutan menyangkalnya,. Hey sung mengeluarkan bukti batang rokoknya. Dong Hee terlihat kaget, ia bingung darimana Hye Sung mendapatkannya. Hye Sung berkata kalau tadi ia datang ke sekolahnya.

Hye Sung mengaakan perkiraannya, “Saat itu, kamu sedang merokok sambil sembunyi kan? Sung Bin datang, kamu takut ketahuan jadi kamu bersembunyi dan terjatuh. Aku mengerti mengapa kamu berbohong di pengadilan. Debutmu sebentar lagi, kamu takut ketahuan karena merokok. Tapi hanya karena hal itu, apakah benar mengahancurkan hidup seseorang?.”voice03-00516

voice03-00520

Sung Bin bersembunyi disana bersama Soo Ha, ia mendengar semuanya dengan jelas.Hye Sung meinta Dong Hee untuk datang dan mengatakan yang sebenarnya dipengadilan besok. Sung Bin yang terlihat marah datang mengahampiri Dong Hee yang menolak datang kepengadilan.

Sung Bin  berteriak, “Ssang Ko, kita harus bicara. Mengapa kamu melakukan ini padaku? Apakah kamu melakukan ini karena aku memanggilmu Ssang Ko dan membuat candaan tentangmu? Hanya karena itu, kamu menyiksaku seperti ini?.”

Namun Dong Hee tidak terima dengan kata-kata Sung Bin, ia terlanjur sakit hati. Dong Hee terisak dengan mengatakan isi hatinya. Dong Hee tetap pada pendiriannya, ia terlanjur benci dan ia ingin Sung Bin masuk penjara. Sung Bin menahan tangisnya, ia mengingat saat ia akan bunuh diri di stasiun kereta, saat tak ada seorangpun yang percaya padanya. Sung Bin kemudian mengajak Hye Sung pergi, ia berkata ia akan kepersidangan besok tanpa Dong Hee. Sung Bin juga meminta maaf atas apa yang ia lakukan selama ini pada Dong Hee, ia menyadari kesalahannya. Setelah Sung Bin pergi, Dong Hee mulai menangis.

voice03-00548

Hye Sung marah pada sikap yang diambil oleh Sung Bin. Soo Ha berkata kalau Dong Hee akan datang kepersidangan, Soo Ha sempat membaca pikirannya. Soo Ha mengatakan, “Dia sudah mengatakan apa yang ingin dia katakan, dia sudah mendengar apa yang ingin dia dengar. Jadi, dia akan datang.”

voice03-00574

Hye Sung bersiap-siap ke persidangan. Kwan Woo memberikan kado untuk Hye Sung. Awalnya Hye Sung menolak mengambilnya, namun dia membuka kotak hadiahnya yang berisi sebuah benda seperti yang Pengcara Shin berikan kepada Kwan Woo.

Lagi-lagi Hye Sung bertemu Do Yun di lift.  Hye Sung bertanya, “10 tahun yang lau, mengapa kamu berbohong? Mengapa kamu membuatku seperti seorang penjahat?.” Namun, Do Yun tetap tidak mau menjawab pertanyaan Hye Sung.

Di ruang persidangan.

Dong Hee datang menjadi saksi, dan membaca sumpah. Do Yun mengatakan kalau Dong Hee telah disumpah, maka jika sekarang ia mengatakan sebaliknya, sumpah Dong Hee dianggap sebagai sumpah palsu.  Hukuman sumpah palsu adalah 5 tahun penjara atau denda 1 juta won.

Hakim berkata, “Saksi, Anda harus memberikan kesaksian. Saksi, anda mengertikan?”

Dong Hee menjawab “Ya” ia melanjutkan dalam hatinya, “Jika aku mengatakan kebenarannya, maka aku akan dihukum tuduhan sumpah palsu. Apa yang harus aku lakukan?”

voice03-00604

Hakim mempersilahkan Hye Sung  terlebih dahulu. Hye Sung baca sms yang ia dapat dari pengacara Shin, “Kitab hukum pasal 159.” Hye-sung menoleh pada pengacara Shin dan Pengacara Shin tersenyum. Hye-sung menuju meja hakim dan meminjam Kitab Hukum dan membaca pasal 159, kemudian tersenyum, ternyata umur Dong Hee masih 15 tahun. Hye Sung menambahkan “Saksi, berdasarkan hukum pasal 159, dibawah 16 tahun membuat pernyataan tidak sah. Jadi, karena pernyataannya tidak membuat perubahan, dia boleh mengubah pernyataannya dan tidak menerima hukuman.” Dong Hee bingung mendengar ucapan Hye Sung.

Hye Sung memperjelas kata-katanya, “Karena kamu masih remaja. Itu berarti, karena kamu masih remaja, jika kamu mengubah pernyataan sebelumnya, kamu tidak akan dihukum.” Dong Hee, ia bilang ia akan menceritakan kebenaran.

Sementara itu Yoo Chang masuk ke kantor dan memberi tahu Kwan Woo bahwa Hye-sung menang. Kwan Woo memuji Hye Sung. Mereka berkata kalau kemenangan Hye Sung merupakan kemenangan satu tim, tanpa tahu kalau pengacara Shin juga ikut membantu Hye Sung.

voice03-00629

voice03-00660

Seusai persidangan, Hye Sung memanggil Do Yun dan menyebutnya bukan jaksa karena mencoba menutupi kebenaran. Hye Sung juga menambahkan ternyata setelah 10 tahun, Do Yun tidak pernah berubah. Do Yun mengatakan kalau kekalahannya tidak akan pernah terjadi lagi. Hye Sung menantang Do Yun untuk minta maaf kepadanya jika hal ini terjadi lagi, ia lalu pergi meninggalkan Do Yun dengan penuh percaya diri. Pengacara Shin sedaritadi melihat pertengkaran mereka.

Hye Sung kembali menerima sms “I’ll be there.” Sedangkan Soo Ha datang kekantor polisi dan menanyakan sesuatu. Hye Sung menelpon ibunya, ternyata poster-posternya belum diturunkan, Hye Sung berkata, “Aku memenangkan persidangan. Aku memenangkan keadilan. Aku mengagumkan bukan?.”

Ibu akan menagis haru, tapi di tahan dan membentaknya, “Hey, jangan sombong. Itu sesuatu yang orang lain bisa juga lakukan. Kamu seorang pengacara!”

voice03-00698

Ibu Hye Sung tampak sangat bahagia dengan berita itu, Hye Sung yang melihat ibunya dari jauh-pun ikut bahagia karenanya.

Soo Ha mendatangi kantor polisi untuk mencari keterangan tentang pembunuh ayahnya, dia mengetahui bahwa Min Joo Guk telah bebas sebulan yang lalu. Soo Ha menanyakan dimana dia bisa menemuinya sekarang. Soo Ha di dalam bus dan menyadari bahwa suara yang dia dengar waktu memang benar suara Joon Guk. Soo Ha menoleh ke halte sebrang dan melihat ada Hye Sung, diapun segera turun dari bus. Namun, naik lagi ke bus yang sama dengan Hye Sung.

voice03-00738

Ia mendengar suara hati Hye Sung, “Tidak pernah ada kursi kosong di bus ini, aku benar-benar lelah.” Soo Ha mencarikan tempat duduk untuk Hye Sung. Hye Sung duduk, sedangkan Soo Ha masih berdiri ia menanyakan hasil persidangan hari ini. Hye Sung menyombongkan dirinya, Soo Ha tidak tertarik mendengarnya lalu ia mengenakan headphone nya dan mendengarkan lagu dari hpnya. Hye-sung menerima sms “I’ll be there” lagi. Hye Sung melihat Soo Ha yang memegang hpnya, ia masih mengira Soo Ha yang sms itu padanya.

Mereka telah sampai di depan rumah Hye Sung.

voice03-00796

voice03-00811

Soo Ha kawatir karena Hye Sung selalu pulang larut malam. Saat Soo Ha akan berbalik Hye Sung memanggilnya. Hye Sung meminta Soo Ha untuk tidak menyukainya, karena dia seorang pengacara dan Soo Ha seorang siswa SMA. Lalu Hye Sung menyinggung tentang sms itu, Soo Ha terlihat bingung. Soo Ha bilang kalau bukan dia yang mengirimnya. Soo Ha mengambil hp Hye Sung dan menelpon nomornya. “Lihat, ini nomorku.” Hye Sung terkejut, ia malu.

Hye Sung kemudian berkata, “Jangan berani mendengar pikiranku atau kamu akan mati.” sambil berlalu dan masih menutupi wajahnya. Hye-sung masuk rumah dan menyesali perbuatannya tadi. Tapi di kembali berpikir, “Lalu mengapa dia selalu mengantarku pulang setelah hari itu? apakah hanya basa-basi?” dia ingat lagi kalau dia belum tahu nama Soo Ha. Lalu siapa si pengirim sms itu? Hye Sung melihat alat jari itu, melihatnya dan menebak, Pengacara Cha?

Pengacara Shin pamit pulang duluan pada Kwan Woo, dia menanyakan apakah Kwan Woo mengenal seseorang dengan nama Min Joon Guk. Kwan Woo tidak mengenalnya. Pengacara Shin bilang dia punya teman di penjara yang sering dia temui. Min Joon Guk menempati sel yang sama dengannya. Dan bilang akan menemui pengacara baru yang ada di koran. Kwan Woo bilang yang di koran kan ada Hye Sung juga. Kwan Woo tanya kenapa dia dihukum. Pengacara Shin menjawab karena pembunuhan.

Soo Ha dalam perjalanan pulang ke rumahnya, ia mengganti nama Hye Sung di hp nya dengan “Jean d’Arc”. Dia mengingat sms Hye Sung dan bertanya-tanya siapa yang mengirim sms itu. Soo Ha sadar dan mengira itu Joon Guk. Ia langsung berlari kembali kerumah Hye Sung.

voice03-00850

Hye Sung juga sedang memikirkan sms itu, ia berpikir kalau yang mengirim sms itu adalah Kwan woo. Hye Sung menelpon nomor itu, terdengar bunyi hp dari luar kamar. Hye-sung terkejut, mematikannya dan mencoba menelpon lagi dan lagi lagi terdengar bunyi hp dari luar kamar.

voice03-00857

Sementara Soo Ha berusaha menelpon Hye Sung sambil berlari, tapi tidak diangkat. Soo Ha dicegat oleh anak-anak waktu itu yang bersama Joon Gi dan teman-temannya yang lain. Soo Ha bilang urusannya nanti saja dilanjutkan, sekarang dia sedang todak punya waktu. Namun mereka bersikeras, akhirnya mereka berkelahi.

voice03-00883

voice03-00897

Hye Sung berjalan keluar kamarnya sambil tetap menelpon, Soo Ha berhasil mengalahkan Joon Gi CS dan bergegas pergi.

Hye Sung mengambil pan dan mendekati sumber suara hp itu.

Hye Sung, “siapa disana?.”

Bersambung ke episode 4

Komentar..

Aku senang sekali Hye Sung sudah menemukan tujuannya menjadi pengacara, yaitu mengungkap kebenaran. Pesan moral yang disampaikan cukup kental dan terasa. oh iya, aku masih bertanya-tanya kenapa mereka menyebut Hye Sung sebagai Jean d’Arc. hahaha.. adakah yang bisa menjelaskan??

Jean d’Arc

Jeanne d'Arc

ia adalah pahlawan negara Perancis dan orang suci (santa) dalam agama Katolik. Di Perancis ia dijuluki La Pucelle yang berarti “sang dara” atau “sang perawan”. Ia mengaku mendapat suatu pencerahan, yang dipercayainya berasal dari Tuhan, dan menggunakannya untuk membangkitkan semangat pasukan Charles VII untuk merebut kembali bekas wilayah kekuasaan mereka yang dikuasai Inggris dan Burgundi pada masa Perang Seratus Tahun. (cr: Wikipedia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s